13 Mei 2009

hasil hutan (bukan hanya) kayu

Tulisan ini saya buat karena saya mengalami beberapa momen yang mirip tetapi lokasi berbeda. Kala itu, oleh setiap teman yang ketemu saya disuatu event, saya biasanya disodori pertanyaan tentang keadaan hutan dan kehutanan. Saya coba jawab sesuai kapabilitas saya (maklum saya kan basic-nya punya secuil ilmu kehutanan, lebih spesifiknya ilmu teknologi hasil hutan). Yang membuat saya bingung, mereka kebanyakan menganggap yang dihasilkan oleh hutan itu hanya KAYU, walaupun mereka tahu kalau hutan rusak bisa banjir, erosi dan lain sebagainya. Akhirnya saya coba luruskan bahwa hasil hutan bukan hanya kayu, tetapi juga hasil hutan ikutan atau yang biasa disebut hasil hutan bukan kayu seperti getah-getahan, rotan dan lain-lain.

Hutan juga memiliki manfaat yang tak terukur oleh uang yaitu manfaat yang ditinjau dari aspek ekologi, seperti mempertahankan lingkungan dari kemungkinan terjadinya erosi, banjir karena hutan dapat berfungsi sebagai pengatur dan penyimpan tata air tanah. Satu hal yang lebih penting lagi, oksigen yang selama ini kita hirup dengan gratis merupakan manfaat dari hutan yang tidak terhitung nilainya. Manfaat hutan yang tak ternilai tersebut tentu akan tidak berfungsi apabila dalam pemanfaatannya tidak memperhatikan asas kelestariannya. Saat ini juga telah sering kita dengar berbagai tempat wisata dengan obyeknya adalah hutan atau istilahnya ekowisata. Pengelolaan yang demikian juga dapat meningkatkan manfaat hutan secara maksimal, selain membantu pelestarian hutan karena dikelola secara arif, juga dapat menghasilkan uang melalui kantong-kantong pengunjung dan tentunya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Dari kejadian-kejadian inilah kenapa saya merasa perlu membuat tulisan mengenai hasil hutan melalui blog ini. Ya, kata orang kan blog gede manfaatnya, yang salah satunya adalah menyampaikan ide dan berbagi ilmu.

Ok teman, bagi teman yang memang berkutat di kehutanan khususnya teknologi hasil hutan ataupun pengen sekedar tau, jangan sungkan untuk mampir ke blog saya. Kalau ada info terkait yang terbaru...., boleh juga tuh di sharing ke kita, hehehe. Mudah-mudahan blog ini sesuai dengan apa yang diharapkan karena artikel2 selanjutnya bakal lebih rinci dan dalam isinya. Tapi sorry nich teman, kalau nanti tampilan desainnya kurang enak dilihat, maklum belum ngerti bahasa script atau apalah itu. Eits....., jangan lupa! Tolong kasih komentarnya untuk setiap artikel yang telah di-posting. Tunggu ya posting2 selanjutnya.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP