23 Mei 2009

Sifat Kayu terhadap Cahaya


Seperti halnya warna benda lainnya, warna kayu juga merupakan gejala refleksi. Kayu mengabsorbsi suatu fraksi tertentu dari spektrum yang nampak memantul sehingga bagian cahaya yang dipantulkan memberikan kesan warna tertentu pada mata.  Adanya ekstraktif dalam kayu mempengaruhi warna. Faktor lainnya yang mempengaruhi warna adalah pada permukaan kayu (melintang tangensial atau radial), kerataan dan kehalusan permukaan kayu yang terkena cahaya, kekeringan permukaan kayu dan lain-lain. Kemampuan pemantulan cahaya oleh kayu banyak diukur oleh Moon dan Spencer dengan alat spektrofotometer.  Sifat-sifat refleksi cahaya oleh dinding dan lantai kayu serta perkakas rumah tangga memegang peranan penting khususnya bagi orang dengan pekerjaan desain interior dalam menata dan mendekorasi ruangan dalam (interior).
Kayu dapat mengalami phosphoresensi, yaitu suatu bentuk radiasi cahaya dimana cahaya yang kelihatan dipancarkan dari suatu benda tanpa menghasilkan panas.  Kayu dapat menjadi phosphoresensi jika diserang suatu jamur misalnya Armillaria mellea Fries.
Kayu juga dapat mengalami Fluoresensi jika terkena sinar ultra violet.  Gelombang cahaya yang dipancarkan lebih panjang dan frekuensinya lebih rendah karena itu dapat dilihat oleh mata.
Sinar X mempunyai kemampuan  untuk menembus kayu.  Sifat ini antara lain tergantung pada kerapatan dan tebal benda.  Oleh karena itu jika sinar X mengenai kayu maka cacat-cacat seperti mata kayu yang lebih rapat, kayu busuk yang lebih lunak akan dapat dilihat pada potret sinar X.

1 komentar:

rabbitumali 5/3/22 19:59  

titanium ring - TITIAN ART
The stainless steel, titanium ring are suitable for titanium piercings the construction and installation mens titanium wedding rings of iron and stainless steel. titanium rimless glasses They titanium pan offer a fantastic $34.95 · ‎In titanium nipple barbells stock

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP